-->

5 Tips Menghilangkan ‘Kebiasaan’ Lebay/Alay



Pernahkah kamu membaca sebuah status di sosmed yang penulisannya dicampur antara huruf dengan angka atau ejaannya terdengar asing? Atau pernahkan kamu melihat seseorang yang begitu heboh saat dihadapkan dalam situasi yang sebenarnya biasa saja? Selamat, kamu dikelilingi orang lebay.
Sikap lebay biasanya justru membuat orang tesebut tidak disukai karena selalu berlebihan dalam menghadapi sesuatu. Tidak hanya itu saja, cara menulis yang dibuat imut atau gaul dengan tulisan yang bercampur antara huruf dan angka atau dengan ejaan yang tidak biasa justru membuat pusing yang membaca. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan lebay.
Jangan sok gaul
Banyak orang menganggap bahwa seseorang yang gaul itu keren dan patut ditiru. Segala trend mereka tahu dan terlihat bagus saat memakainya. Tapi ingat, nggak semua orang cocok dengan gaya tertentu. Kalau kamu ingin ikutan gaul tapi salah tempat atau gaya yang kamu tiru nggak cocok denganmu, kamu justru akan terlihat aneh dan lebay. Daripada mengikuti gaya yang nggak sesuai hanya biar dibilang gaul, lebih baik kamu jadi diri sendiri saja, kan?
Biasakan menulis dengan bahasa tulisan yang baku
Apakah kamu menulis dengan bahasa yang tidak baku? Menulis dengan huruf besar dan kecil yang salah tempat atau bahkan huruf yang juga salah tempat. Contoh:
“agqUwh caiYanKg ammAh amMuwh tPiyh u cuwekGq ajjaH, quWh jaddiyh benCiH beudh ammAh ammUwh”.
Pusing kan bacanya? Nah, daripada menyusahkan orang yang kamu beri pesan tersebut dan menyusahkan diri sendiri karena nulisnya juga lebih lama, kenapa nggak pakai tulisan yang wajar-wajar saja?
Jangan terlalu sering nonton sinetron
Yang namanya sinetron, semua ceritanya memang dibuat-buat dan seringkali terlalu berlebihan. Tujuan sinetron adalah murni sebagai hiburan, jadi jangan sampai kamu ikut-ikutan bersikap seperti sinetron yang kamu tonton kalau kamu tidak ingin berubah menjadi manusia alay.
Biasakan menulis dengan huruf! Bukan angka…
Angka bertujuan untuk menunjukkan nominal. Kalau kamu ingin membuat kata-kata, sudah ada 26 huruf yang membantumu menuliskan kata-kata. Lalu kenapa kamu masih repot menulis kata-kata dengan huruf? Memang sih tulisan dengan campuran angka tidak terlalu sulit dibaca, tapi itu tidak pada tempatnya. Kalau kamu ingin stop jadi orang lebay, maka kamu juga harus stop menulis kata-kata dengan campuran angka.
Jangan terlalu heboh
Setiap hal yang terjadi jangan dihadapi dengan terlalu heboh. Jangan masalah kecil kamu besar-besarkan dengan bereaksi berlebihan. Orang-orang akan berhenti mendengarkan kamu bicara jika kamu selalu membesar-besarkan urusan atau masalah kecil.
Simak juga video -Tips Agar tidak Lebay di Sini
Back To Top