-->

Kesalahan umum yang dilakukan calon pengantin usai lamaran!!

Gambar : Okezone.com

Setelah dilamar, biasanya pengantin wanita akan mulai disibukkan dengan perencanaan peristiwa besar dalam hidupnya. Mulai dari membuat daftar tamu, mencari lokasi pernikahan terbaik, hingga mencari vendor favorit, dan proses ini pastikan akan menguras banyak energi dan perasaan.
Sebenarnya tidak pernah ada aturan pasti untuk memulai proses perencanaan pernikahan, pengantin wanita akan sangat terbantu jika memiliki perencanaan yang baik.
Supaya langkah pertama perencanaan Anda bisa baik, tengok dulu 6 kesalahan yang biasa dilakukan calon pengantin ini dan cara untuk menghindarinya.
Kesalahan #1: Langsung memberitahukan kabar gembira via media sosial
Sisi negatif dari pemberitahuan via media sosial adalah: menimbulkan perasaan sakit hati pada keluarga dan teman dekat. Usai lamaran, coba ambil waktu sejenak dan temukan cara terbaik untuk memberitahukan kabar gembira tersebut.
Lingkaran terdekat, seperti keluarga dekat dan sahabat, berhak mendapatkan berita via telepon atau kunjungan pun langsung. Lakukanlah apapun yang bisa membuat situasi tetap damai dan membuat hati orang lain terdekat tidak kecewa.
Kesalahan#2: Persiapan yang terburu-buru
Habis lamaran, biasanya Anda akan tergoda untuk mendedikasikan semua waktu luang untuk menjelajah laman situs pernikahan dan membeli pelbagai majalah pernikahan. Tapi ingat, melakukan persiapan terlalu banyak dalam waktu singkat hanya akan memicu stres dan kegelisahan.
Coba tahan diri sedikit dan ciptakan dulu runutan perencanaan pernikahan yang akan menjadi panduan selama proses berlangsung. Jangan sibukkan diri pada minggu pertama usai lamaran, karena ini akan membuat Anda merasakan kelelahan terhadap proses ini lebih cepat.
Kesalahan #3: Tidak membicarakan perihal budget
Sebagian besar perencanaan pernikahan diisi dengan beragam keseruan, seperti melakukan sesi foto pre-wedding, mencari gaun pengantin, dan mencoba aneka rasa kue pengantin. Sayangnya, dibalik keseruan itu Anda juga harus berhadapan dengan beberapa 'tugas' yang membosankan, seperti perencanaan anggaran.
Membicarakan perihal kondisi keuangan pribadi adalah hal yang membuat stres dan tidak nyaman, tapi ini sangat penting. Sebab anggaran keuangan yang ada akan berdampak pada setiap keputusan yang akan diambil selama proses perencanaan.Anda tidak bisa memilih lokasi, membuat daftar tamu, atau menyewa vendor tanpa tahu berapa uang yang bisa dihabiskan.
Oleh karena itu, pastikan untuk mendiskusikan anggaran pernikahan secepat mungkin usai lamaran, sehingga tidak ada masalah di tengah jalan kelak.
Kesalahan #4: Mematok pikiran hanya pada satu tanggal atau satu lokasi
Beberapa calon pengantin memiliki tempat dan tanggal spesifik dalam benak mereka, dan tidak ingin berkompromi mengenai hal ini. Jangan terlalu terpatok pada sesuatu, sebab segala sesuatu kadang tidak selalu berjalan sesuai yang direncanakan.
Bagaimana jika lokasi favorit ternyata sudah disewa orang lain pada tanggal yang Anda inginkan? Atau jika ingin menyelenggarakan pernikahan pada bulan Juni, tapi tidak bisa menemukan tempat yang bisa mengakomodir pesta Anda?
Lebih baik buatlah daftar tempat dan tanggal alternatif, sebagai langkah preventif jika pilihan pertama tidak bisa. Plus, jangan takut untuk berkompromi. Sebab di ujungnya Anda akan tetap membuat momen indah yang tak terlupakan terlepas dari kapan dan di mana pesta pernikahan diselenggarakan.
Kesalahan #5:Lalai untuk menyewa jasa vendor dengan benar
Sebagai calon pengantin baru, Anda akan dihadapkan dengan segudang keputusan. Mulai dari menentukan siapa yang akan mengisi bagian entertainment hingga menentukan menu makanan dan minuman yang akan disajikan di resepsi.
Sebelum menandatangani kontrak dengan para vendor, pastikan semua jadwal sudah akurat. Sebagai langkah awal, sewa tempat resepsi terlebih dulu sebelum menyewa hal-hal lain, sebab semua vendor perlu tahu kapan dan lokasi pesta pernikahan yang pasti.
Kesalahan #6: Tidak meminta bantuan
Jika Anda kenal teman yang baru menjadi pengantin, mintalah nasihat dan masukan yang berguna tentang perencanaan pernikahan sebab mereka sudah menjalani terlebih dulu.
Jika Anda adalah orang yang sibuk, pikirkan untuk menyewa jasa wedding organizer profesional untuk membantu semua proses. Sebab menikah seharusnya menjadi sebuah pengalaman yang seru, menyenangkan dan tidak membuat Anda gelisah serta tertekan, bukan?
Referensi : Merdeka.com
Back To Top